Tips Menyiasati Rasa Lapar agar Tidak Asal Makan Saat Hamil

Sumber : Hello Sehat

Hal yang biasa bagi ibu hamil ketika baru makan setengah jam yang lalu tapi perut kembali berbunyi minta diisi. Jika Anda kerap mengalaminya, jangan khawatir karena merasa lapar setiap saat merupakan hal yang normal terjadi pada ibu hamil. Meski demikian, hal ini bukanlah alasan bagi Anda untuk asal makan sesuka hati, Anda tetap harus memastikan makanan yang dikonsumsi saat hamil memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi janin.

Mengapa ibu hamil kerap merasa lapar?

vitamin c untuk ibu hamil

Anda mungkin bertanya-tanya dan merasa bingung dengan perubahan nafsu makan saat masa kehamilan. Hal ini dipercaya karena adanya peningkatan jumlah hormon progesteron di dalam tubuh.

Hormon ini sudah mulai meningkat sejak memasuki trisemester pertama kehamilan. Meningkatnya hormon progesteron akan membuat Anda merasa merasa pusing dan mual, sehingga ujungnya gejala muntah-muntah atau yang biasa disebut morning sickness pun terjadi. Isi perut yang terkuras karena muntah akan membuat Anda merasa lapar tak lama setelahnya.

Selain faktor hormon, ibu hamil lebih mudah merasa lapar terutama pada trisemester kedua karena janin membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk mempertahankan kehidupan janin, kadar darah dalam tubuh juga meningkat. Anda membutuhkan kalori yang lebih banyak supaya produksi darah di dalam tubuh bisa terus berlangsung dan dapat mencukupi kebutuhan Anda dan janin.

Sedangkan jika rasa lapar yang terus menerus dirasakan ibu hamil pada trisemester ketiga, bisa jadi tubuh sedang bersiap-siap dalam produksi ASI untuk bayi Anda setelah lahir nanti.

Tips mengendalikan lapar agar tidak asal makan saat hamil

Sayangnya, lapar yang dirasakan ibu hamil sering diikuti dengan keinginan makan makanan tidak sehat yang tinggi akan kandungan gula, lemak, dan garam. Padahal menjaga pola makan yang sehat wajib dilakukan agar perkembangan janin tidak mengalami masalah, terutama pada awal kehamilan yang mana merupakan masa-masa paling krusial bagi kehidupan janin.

Oleh karena itu, berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda lakukan supaya lapar saat hamil tidak berujung pada asal makan.

Makan makanan sehat secara teratur

makanan memperkuat kandungan

Makan dengan teratur di waktu yang tepat bisa mengurangi munculnya rasa lapar mendadak. Makanan yang dikonsumsi tentunya adalah makanan yang sehat dan mengenyangkan. Pastikan makanan yang Anda pilih nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin seperti omega-3, zat besi, dan kalsium.

Batasi konsumsi makanan instan atau siap saji, sebaiknya pilihlah makanan dengan bahan-bahan yang segar. Makanan sehat yang rendah nilai indeks glikemiknya seperti bubur oat tawar, roti gandum, atau kacang panggang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Cara lainnya adalah dengan membagi porsi makanan menjadi beberapa porsi kecil yang bisa Anda makan setiap beberapa jam sekali. Selain mengatasi rasa lapar, cara ini juga akan mengurangi kembung yang kerap dialami saat hamil.

Sesuaikan dengan kebutuhan kalori

cra hitung kalori makanan kemasan

Anda tidak perlu menambah kebutuhan kalori ketika kehamilan masih berada pada trisemester pertama. Cukup makan dengan porsi biasa tapi dengan makanan yang lebih sehat. Biasanya, Anda baru mulai membutuhkan tambahan kalori setelah memasuki trisemester kedua.

Jumlah kalori tambahan yang disarankan dari pola makan biasanya adalah sekitar 350 kalori, lalu akan meningkat ke 500 kalori ketika memasuki trimester ketiga. Anda juga bisa konsultasikan kembali pada dokter kandungan kira-kira berapa banyak kalori yang harus dipenuhi dalam satu hari.

Hindari belanja bulanan saat ibu hamil sedang lapar

Sebelum Anda keluar rumah untuk belanja kebutuhan bulanan, ada baiknya Anda mengisi perut terlebih dahulu. Rasa lapar yang Anda alami saat hamil bisa saja membuat Anda bertindak impulsif dengan membeli banyak makanan yang terlihat menarik.

Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda akan lepas kendali dan makan sesuka hati.

Banyak minum air putih

minum cuka apel

Tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, semasa hamil tubuh juga sebenarnya membutuhkan lebih banyak cairan. Terkadang banyak yang sulit membedakan gejala dehidrasi pada ibu hamil dengan kelaparan, meminum lebih banyak air mungkin akan membantu mengendalikan rasa lapar.

Minumlah air sebanyak 12 atau 13 gelas perhari.  Jika bosan minum air putih jangan lampiaskan pada minuman ringan seperti soda dan beralihlah ke jus buah.

Menjaga pola makan saat hamil agar tidak asal makan bukan berarti Anda tidak boleh memenuhi ngidam sama sekali. Tak ada salahnya jika Anda menuruti keinginan untuk makan kudapan manis seperti donat atau kue dengan banyak krim, asalkan dengan porsi yang tetap terbatas.

Main Menu